Senin, 07 Agustus 2017

DAMPAK SINAR BIRU PADA LAPTOP/PC ANDA

TAUKAH ANDA BAHWA SINAR BIRU TIDAK BAIK MATA?


Dalam kehidupan zaman sekarang manusia tidak terlepas dari teknologi, banyak sekali orang yang sehari selalu berhubungan  dengan laptop,smartphone. Di dalam laptop dan smartphone tersebut terdapat sinar biru yang ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. apakah benar?
mari kita simak pernyataan berikut yang saya kutip dari beberapa situs web.

Bahaya sinar biru untuk kesehatan



1. Kerusakan retina mata
Sinar biru dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata, bagian ini merupakan organ penting pada mata. Kerusakan retina yang di sebabkan oleh sinar biru dapat menyebabkan degenerasi makula, yaitu hilangnya kemampuan mata untuk melihat objek sentral di depan mata.

2. Menimbulkan katarak
Meskipun pernyataan ini perlu penelitian lebih lanjut, seorang dokter menuturkan bahwa kini semakin banyak orang – orang berusia 35 tahun sudah mengalami perubahan warna mata dengan indikasi katarak seperti yang terjadi pada orang – orang lansia.

3. Merusak siklus tidur alami
Sinar biru dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yakni hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur. Otak memulai memproduksi hormon ini ketika seseorang sudah terleap tidur, namun ternyata sinar biru mengganggu proses ini.

4. Lebih berisiko terkena kanker
Hormon melatonin selain menjaga siklus tidur, juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Peneliti menemukan dampak buruk lainnya dari sinar biru, yakni peningkatan risiko terkena kanker.

5. Lebih mudah stres dan depresi
Peneliti juga menyimpulkan bahwa paparan sinar biru secara terus menerus dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terkena stres. Kombinasi gangguan tidur, kelelahan dan lain sebagainya memperburuk kondisi stres seseorang.

oke teman saya kasih tahu aplikasi yang dapat mengatur sinar biru yag akan muncul pada pc/laptop kalian

DOWNLOAD 

0 komentar: